Yuk Buat Scrub Kopi Untuk Kurangi Selulit Pada Kulit

Lets Share:

Bubuk kopi sudah sering digunakan sebagai scrub badan. Itu karena kopi memiliki kemampuan mengeskfoliasi kulit. Eksfoliasi kulit maksudnya adalah melakukan pengelupasan sel kulit mati pada kulit, sehingga sel-sel kulit yang baru bisa muncul ke permukaan dan hasilnya kulit pun terlihat lebih cerah dan glowing.

Selain melakukan eksfoliasi kulit, scrub bubuk kopi juga sering digunakan untuk mengurangi penampakan selulit pada tubuh. Selulit tampak seperti garis-garis putih di bawah permukaan kulit. Ya garis-garis putih itu adalah timbunan lemak yang muncul ke permukaan. Walau itu timbunan lemak tapi tidak berarti selulit cuma muncul pada orang yang memiliki kelebihan berat badan. Orang yang tidak gemuk pun bisa memiliki selulit. Ohya selulit itu beda ya dengan stretch mark. Stretch mark biasanya terjadi pada ibu hamil yang kulit perutnya meregang terus seiring dengan membesarnya kandungan. Dan kondisi kulit yang meregang ini yang bisa menimbulkan stretch mark umumnya terjadi di bagian bawah perut.

Selulit dan stretch mark sayangnya tidak bisa dihilangkan, tapi bisa disamarkan. Salah satu upaya menyamarkan penampakan selulit dan stretch mark ini adalah dengan melakukan scrubbing dengan bubuk kopi.

Karena untuk hasil yang maksimal dibutuhkan kafein yang tinggi, maka dianjurkan untuk menggunakan kopi yang segar, bukan kopi sachet atau kopi instan, juga jangan dari ampas bubuk kopi. Selain itu karena kopi Robusta memiliki kandungan kafein dua kali lipat lebih tinggi dari kopi Arabica, maka sebaiknya pilihlah kopi Robusta. Kita pun bisa memilih jenis gilingan kopi yang halus bila ingin scrub yang kita buat lebih terasa ringan pada kulit.

See also  Tips Menghilangkan Bekas Jerawat di Wajah

Gunakan bubuk kopi segar, bukan ampas ataupun kopi instan sachet. Selain itu, pilihlah kopi jenis robusta yang memiliki tingkat kandungan kafein dua kali lipat lebih banyak daripada kopi arabika.

Cara membuat body scrub dari bubuk kopi untuk keperluan tersebut adalah sebagai berikut:

Kopi Untuk Mengurangi penampakan selulit

1. Kopi, Gula, Garam Laut dan Minyak Zaitun

Caranya adalah dengan membuat campuran dari dua cangkir bubuk kopi, setengah cangkir gula atau garam laut, dan 3 sendok teh minyak zaitun atau bisa juga menggunakan baby oil. Campur semua bahan dalam mangkok, aduk rata dan oleskan di bagian tubuh yang terdapat selulit. Setelah dioles, lakukan pijatan dengan gerakan di area selulit tersebut.

Sebagai bagian dari proses perawatan tubuh dan untuk mendapatkan hasil yang optimal, pijatan dengan scrub kopi ini perlu dilakukan secara teratur.

Selain mengurangi penampakan selulit, campuran kopi diatas juga bisa digunakan sebagai body scrub. Bubuk kopi bisa mengangkat sel kulit mati secara alami, meninggalkan lapisan kulit baru yang lebih sehat dan segar. Tapi campuran ini tidak untuk digunakan di wajah ya. Hanya untuk body scrub saja.

2. Kopi, Yogurt dan Madu

Kopi dengan kafeinnya yang bisa memecah selulit dan mengeksfoliasi ditambah dengan madu yang memiliki sifat anti bakteri dan memiliki kemampuan melembabkan kulit, sementara Yogurt menutrisi kulit. Perpaduan yang sempurna untuk kulit glowing maksimal.

Campuran body scrub ini terdiri dari 2 sendok makan bubuk kopi, 1 sendok makan madu dan 3 sendok makan yogurt. Aduk rata, oleskan pada wajah dan bagian tubuh lainnya. Pijat lembut agar meresap. Biarkan selama 15 menit atau lebih, setelah itu bilas bersih.

See also  Manfaat Jeruk Lemon Untuk Kecantikan

Selain dibuat body scrub atau masker muka, kopi juga dapat digunakan sebagai hand scrub. Campur kopi sedikit air hangat lalu digosok-gosokkan pada telapak tangan. Butiran halus kopi ini dapat menghaluskan telapak tangan yang terasa kasar. Untuk keperluan hand scrub kita bisa menggunakan ampas bubuk kopi.

Efek Samping Kopi untuk Kulit Wajah dan Tubuh

Kandungan kafein pada kopi bisa menyebabkan kulit mengalami penuaan dini. Karena itu untuk penggunaan kopi sebagai masker wajah dan body scrub agar dibatasi menjadi maksimal seminggu sekali. Kalau pun body scrub dibuat untuk mengurangi penampakan selulit, maka atur pemakaian intensif selama maksimal 2 minggu, setelah itu lakukan perawatan rutinnya seminggu sekali.

Selain itu untuk kulit sensitif, maka sebaiknya hindari menggosok bubuk kopi pada kulit karena bisa memicu iritasi. Cukup diamkan saja masker kopi di wajah dan bilas bersih tanpa harus menggosok terlalu keras.

Karena itu menghindari efek samping kopi terhadap kulit wajah, sebaiknya kita mencampur bubuk kopi dengan pelarut berbahan alami seperti minyak zaitun atau Virgin Coconut Oil yang akan memberi efek lembut ke kulit kita.


Lets Share:

Leave a Reply