Tips Menyisir Rambut Yang Benar dan Cara Membersihkan Sisir

Lets Share:

Cara kita memperlakukan rambut sehari-hari akan sangat berpengaruh pada kondisi dan kesehatan rambut kita. Salah satu aktivitas yang setiap hari kita lakukan pada rambut adalah menyisirnya. Menyisir rambut tidak hanya berfungsi untuk merapikan rambut, namun juga memberikan manfaat untuk meratakan minyak alami rambut mulai dari bagian pangkal dekat kulit kepala, hingga ke ujung rambut. Minyak alami rambut yang melapisi rambut akan membuat rambut tampak bercahaya dan mudah diatur.

Cara Menyisir Rambut Yang Benar

Tapi kalau kita salah dalam menyisir rambut akan merusak kondisi rambut kita sendiri. Oleh karena itu perhatikan tips berikut ini untuk memastikan bahwa cara kita menyisir rambut sudah tepat :

1. Gunakan sisir sikat yang besar agar rambut jadi halus dan lembut. Pilihlah sisir besar yang memiliki bantalan bulat pada ujungnya. Bantalan tersebut akan memberi rangsangan agar akar rambut tumbuh sehat.

2. Ketika rambut masih basah, sebaiknya gunakan handuk untuk mengeringkannya terlebih dahulu karena rambut akan mudah rontok dalam keadaan basah. Jika harus menyisir rambut segera, maka gunakan sisir yang bergigi jarang untuk menghindari kerontokan.

3. Untuk menjaga kebersihan kulit kepala, jangan meminjam sisir orang lain.

4. Menyisirlah dengan satu tarikan. Ini terdengar sangat teknis, tapi hal ini sangat penting dalam aktivitas menyisir rambut. Tujuan melakukan sisiran dengan satu tarikan ini adalah untuk meratakan minyak alami rambut agar sampai ke ujung rambut, supaya rambut tidak mudah bercabang atau pun rapuh.

5. Uraikan terlebih dahulu bagian rambut yang kusut. Pegang pangkal rambutmu agar tarikan pada akar rambut tidak terlalu keras, dan dengan sisir coba uraikan ujung rambut yang kusut. Rambut yang kusut menandakan adanya kotoran yang menempel pada rambutmu, karena itu dengan menguraikannya terlebih dahulu bisa menghilangkan kotoran yang menempel tersebut.

See also  Cara Mengurangi Rambut Rontok Secara Alami

6. Hindari menyisir rambut sebelum tidur. Bila selama ini kamu punya kebiasaan menyisir rambut sebelum tidur, sebaiknya dihentikan. Menyisir rambut sebelum tidur tidak hanya akan menstimulasi produksi sebum pada kulit kepala dan ini dapat merusak rambut, tapi juga akan membuat rambut menjadi rapuh.

7. Jangan malas membersihkan sisirmu, paling tidak seminggu sekali.

Tips Mudah Membersihkan Sisir

Membersihkan sisir secara rutin berarti memastikan rambutmu juga bersih. Karena penggunaannya yang bersentuhan dengan kulit kepala dan rambut maka debu dan kotoran yang menumpuk pada sisir dapat memengaruhi kesehatan rambut. Oleh karena itu sempatkan secara rutin membersihkan sisirmu. Karena bila kamu terlalu lama membiarkan sisir tanpa dibersihkan, kotoran tersebut akan menjadi terlalu lengket. Kotoran yang sudah melekat di gigi sisir yang sudah lengket menjadi agak sulit untuk dibersihkan.

Untuk sisir dengan kotoran yang lengket, kamu bisa mencoba tips berikut untuk membersihkannya:
Rendam sisir ke dalam air hangat yang sudah dicampur dengan baking soda atau soda kue. Tunggu beberapa saat. Kemudian angkat dan bersihkan dengan air bersih. Mungkin kamu akan membutuhkan sikat gigi bekas untuk mengorek sisa-sisa kotoran membandel yang lengket di sisir, atau mungkin cotton bud untuk membersihkan sela-sela sisir yang sulit dibersihkan.

Namun bila sisirmu tidak terlalu kotor, kamu cukup menggunakan air hangat dan sedikit shampo untuk membersihkannya. Seminggu sekali membersihkan sisir dengan rutin rasanya sudah cukup untuk memastikan sisir yang bersih akan selalu membuat rambutmu rapi dan berkilau.


Lets Share:

Leave a Reply