Tips Menghilangkan Bekas Jerawat di Wajah

Jerawat pada kulit adalah masalah kecil yang sering bikin kita pusing. Walau sudah susah payah kita mencegah timbulnya si jerawat di wajah kita, tetap saja ada satu dua jerawat yang berhasil muncul. Dan yang sangat menyebalkan adalah ketika si jerawat akhirnya mengempes, ternyata ia meninggalkan noda bekas jerawat yang tak kalah mengganggu.

Supaya kita tidak kesal dua kali, maka dari awal kemunculan si jerawat ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar si jerawat tidak meninggalkan bekasnya di kemudian hari.

Tips Menghilangkan Noda Bekas Jerawat

Perawatan Ketika jerawat baru muncul

1. Jangan menyentuh jerawat
Hal yang sangat penting diingat ketika jerawat baru muncul adalah jangan menyentuh jerawat dengan jari tangan yang kotor, apalagi sampai memencet si jerawat tersebut. Dengan menghindari menyentuh dan memencet jerawat, maka akan mengurangi bekas luka pada kulit akibat perbuatan memencet jerawat tersebut.

2. Daun Sirih
Saat jerawat sedang aktif di wajahmu, bersihkan wajahmu dengan daun sirih untuk mematikan bakteri jerawat. Caranya sebagai berikut : Seduh daun sirih dengan air panas, diamkan hingga hangat-hangat kuku. Air seduhan daun sirih ini bisa digunakan sebagai air cuci muka sebanyak 2-3 kali sehari.

Perawatan Ketika jerawat sudah sembuh dan meninggalkan bekasnya

Mungkin kamu lupa pernah memegang jerawat atau memencetnya, dan akhirnya terlihat ada noda bekas jerawat yang sudah sembuh di wajahmu. Kesal ya?

BACA:  My Dad, My Hero

Ada beberapa cara yang bisa dicoba untuk mencoba menghilangkan bekas noda, atau minimal disamarkan agar tidak terlihat lagi. Caranya adalah sebagai berikut:

1. Madu
Ambil madu asli secukupnya, tergantung banyaknya bekas jerawat yang akan diolesi. Madu ini dipanaskan hingga mendidih, lalu diamkan sampai hangat suam-suam kuku. Madu yang hangat ini oleskan pada bekas jerawat lalu diamkan selama 2 jam, setelah itu basuh dengan air bersih. Untuk hasil yang optimal lakukan ini setiap malam sebelum tidur. Jadi setelah kamu mandi sore, bisa lakukan perawatan ini sehingga menjelang tidur kamu bisa membersihkan madu dari wajahmu.

Atau bila kamu tidak memiliki waktu selama itu, kamu bisa diamkan saja selama 15 menit atau sampai madu mengering. Lalu kamu bisa bilas wajah dengan air hangat sampai bersih. Lakukan perawatan ini rutin 2 kali sehari untuk hasil terbaik. Perawatan dengan madu cocok dengan semua jenis kulit.

2. Jeruk Nipis
Ambil jeruk nipis yang sudah matang, belah dua dan gosokkan dengan lembut pada bagian wajah yang ada noda atau flek bekas jerawat. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air hangat. Kemudian bilas lagi dengan air dingin. Lakukan perawatan ini rutin setiap hari. Ohya perawatan dengan jeruk nipis hanya diperuntukkan untuk jenis kulit berminyak.

BACA:  Lindungi Rambut Sehatmu Saat Berenang

3. Tomat
Ambil tomat yang sudah matang, belah dan gosokkan pada seluruh wajah lalu diamkan selama 15 menit kemudian bilas sampai bersih. Selain digosok, kita juga bisa menggunakan air tomat atau juice tomat murni yang dioleskan langsung ke wajah setiap hari.

4. Lobak
Campurkan dan aduk sampai rata: 1 sendok makan air perasan lobak, 1 sendok teh susu tawar, dan 1 sendok teh air perasan jeruk nipis. Setelah rata, oleskan campuran ini ke bagian wajah yang ada flek atau noda bekas jerawat. Diamkan sampai kering. Lalu bilas wajah dengan air hangat dan bilas ulang dengan air dingin. Lakukan cara ini rutin setiap hari untuk hasil yang optimal.

5. Mentimun
Ambil 3 mentimun berukuran sedang, kupas tipis kulit mentimun kemudian cuci hingga bersih. Lalu hancurkan mentimun dengan blender. Tambahkan air hangat pada blenderan mentimum sehingga terasa lebih cair. Basuhkan blenderan mentimun ke wajah. Diamkan 1-2 menit, lalu ulangi lagi hingga 2 kali. Lalu bilas dengan air hangat dan kemudian bilas lagi dengan air dingin.

6. Daun Jambu Biji
Kalau kamu memiliki pohon jambu biji di rumah, maka bisa dimanfaatkan untuk perawatan kulit wajah terutama untuk menghilangkan noda atau flek bekas jerawat di wajah. Caranya sebagai berikut:
– Ambil beberapa lembar daun jambu biji yang masih muda, cuci sampai bersih.
– Lalu remas-remas daun jambu biji sampai hancur, bisa menggunakan chopper tarik atau blender cepat dengan tambahkan sedikit air.
– Gosokkan daun jambu biji yang sudah lumat ini pada kulit wajah secara perlahan sambil pijat dengan lembut.
– Lakukan sampai daun terasa kering, lalu bilas wajah dengan air hangat. Diamkan sebentar lalu bilas lagi dengan air dingin.

BACA:  Saat Hidup Semakin Keras, Hati Harus Semakin Lembut

Demikian tips menghilangkan noda bekas jerawat di wajah. Perawatan wajah dengan bahan-bahan alami seperti diatas dapat dilakukan di rumah dengan bahan yang sudah ada juga di rumah. Manfaatnya tidak hanya menghilangkan noda bekas jerawat tapi secara keseluruhan akan menghaluskan kulit wajah, mengecilkan pori-pori dan menenangkan wajah. Terutama bila perawatan dilakukan bergantian antara satu bahan dengan bahan lainnya.

Leave a Reply

%d bloggers like this: