Lindungi Rambut Sehatmu Saat Berenang

Lets Share:

Kamu yang hobi berenang rutin, mungkin itu di kolam renang atau di laut, pastinya sudah pernah merasakan kondisi rambut yang terasa kurang sehat setelah berenang. Kalau kamu berenang di kolam renang, mungkin rambut kamu tidak kuat dengan kandungan klorin yang biasanya memang ada pada air kolam renang. Sementara kalau kamu berenang di laut, yah air laut yang asin mengandung garam sudah pasti membuat rambutmu jadi lengket dan kusut.

Kenapa air kolam renang tidak bagus untuk rambutmu? Karena air kolam renang umumnya diberi tambahan klorin untuk membunuh bakteri, kuman dan mencegah lumut tumbuh di air kolam. Bila jumlah klorin terlalu banyak, efeknya bisa kurang bagus untuk rambutmu. Karena klorin bisa mengikis minyak alami dari rambut dan kulit kepala, itu sebabnya sehabis berenang itu rambut sering terasa kering. Efek lain dari klorin juga bisa membuat helai rambut jadi rapuh dan melemahkan batang rambut sehingga akhirnya menjadi rambut bercabang dan ujung-nya pecah-pecah.

BACA:  Tips Menyisir Rambut Yang Benar dan Cara Membersihkan Sisir

Kalau cuma berenang setahun sekali, mungkin ini tidak akan jadi masalah. Tapi lain halnya kalau kamu menjadikan kegiatan berenang sebagai aktivitas rutinmu. Kamu perlu tahu bagaimana caranya tetap menekuni hobi kesukaanmu ini dan tetap memiliki rambut yang sehat berkilau. Untuk itu perawatan rambut sebelum dan sesudah berenang penting untuk menjaga kesehatan rambut.

Beberapa tips berikut ini bisa kamu aplikasikan sebelum dan sesudah renang demi menjaga kesehatan rambutmu:

1. Lindungi rambut dengan kondisioner spray
Kondisioner berfungsi melindungi rambut terhindar dari kekeringan akibat dari kandungan dari air kolam renang. Sebelum renang, kamu bisa oleskan kondisioner spray di rambut dari bawah kuping ke ujung rambut. Kalau kamu tidak punya kondisioner spray, kamu bisa gunakan kondisioner favoritmu. Bahkan kamu juga bisa melapisi rambutmu dengan minyak zaitun.

2. Kepang rambut
Jika rambutmu panjang, sebelum melakukan aktivitas dalam air, kepanglah rambut terlebih dulu Dengan mengepang rambut, air terhambat dan sulit menembus ke tiap helai rambut. Setelah dikepang, semprotkan kembali kondisioner spray untuk benar-benar terlindungi.

BACA:  Nikmat Tuhan Mana Yang Kamu Dustakan

3. Gunakan topi berenang
Topi khusus berenang biasanya terbuat dari karet yang cukup ketat dan erat menutupi area rambut. Topi renang ini cukup efektif membatasi air masuk mengenai rambutmu. Walau mungkin kamu sudah mengenakan pakaian renang muslimah yang juga menyertakan penutup kepala, namun kalau penutup kepala tersebut tidak cukup rapat, kamu bisa kenakan topi khusus renang ini sebelum penutup kepala.

4. Afterswim shampo
Gunakan shampo dengan label ‘afterswim shampo’. Afterswim shampo bekerja untuk menghilangkan semua sisa air asin maupun kaporit saat Anda berenang, sehingga meminimalisir kerusakan rambut. Kalau pun kamu tidak punya, kamu bisa keramas dengan shampoo favoritmu, dan jangan lupa aplikasikan kondisioner untuk mengembalikan kelembaban rambutmu setelah terkena air kolam renang atau air laut.

5. Jangan tunda keramas rambut
Nah ini sebisa mungkin, sehabis berenang kamu harus segera mencuci rambutmu dengan shampo sampai bersih dan olesi dengan kondisioner. Jangan tunggu mengolesi kondisioner sesampainya di rumah ya.

6. Serum
Setelah rambut setengah kering, gunakan serum untuk mengembalikan kilau rambut dan mengurangi dampak buruk seperti rambut bercabang dan rontok setelah berenang.

BACA:  Beauty with Less Waste

Selamat berenang!

Kayla Kayana

Lets Share:

Leave a Reply