Cara Mengurangi Rambut Rontok Secara Alami

Lets Share:

Rambut yang sehat bisa dilihat dari lima hal berikut ini. Jika rambutmu memenuhi 5 ciri tersebut di bawah ini, maka artinya kamu memiliki rambut yang sehat. Dan sebaliknya jika tidak memiliki ciri di bawah ini, kemungkinan besar ada masalah pada kondisi rambutmu.

Lima ciri rambut yang sehat adalah:

  1. Kulit kepala bersih dan tidak terasa gatal. Tidak terlihat adanya ketombe atau pun infeksi kulit lainnya.
  2. Batang rambut terlihat sehat, kuat dan memiliki ketebalan yang cukup.
  3. Saat dipegang dan ditarik lembut, rambut terasa elastis dan tidak mudah patah.
  4. Rambut terlihat bercahaya dan mudah diatur.
  5. Kerontokan rambut terjadi dalam batas yang normal, sekitar 50 – 100 helai per hari.

Salah satu indikator rambut sehat adalah rontok rambut dalam batas normal yaitu 50-100 helai perhari. Jadi memang normalnya rambut akan rontok secara berkala. Nah kalau jumlah rontoknya semakin hari semakin banyak, maka kita harus waspada karena bisa jadi itu adalah pertanda adanya masalah dengan tubuh kita.

Tips Alami Mencegah Rambut Rontok

Rambut rontok bisa kita coba cegah dan hindari dengan beberapa hal sederhana berikut ini :

1. Cara Alami Mengeringkan Rambut

Jangan terlalu sering menggunakan hair dryer atau pengering rambut. Jika terpaksa harus mengeringkan rambut dengan hair dryer, gunakan suhu paling rendah dan usahakan jarak rambut dengan hair dryer minimal 15 cm.

Saat mengeringkan rambut dengan handuk, jangan menarik-narik rambut. Keringkan rambut dengan cara menepuk-nepuknya dengan handuk. Atau bisa menggunakan topi handuk yang terbuat dari bahan microfiber.
Alternatif lain untuk mengeringkan rambut adalah mengangin-anginkannya di depan kipas angin.

2. Jangan Sisir Rambut Basah

Kalau akar rambutmu tidak cukup kuat, maka menyisir rambut yang basah akan lebih mudah membuat rambut lepas atau rontok apabila tertarik walaupun tarikannya cuma pelan. Tunggulah sampai rambut kering baru sisir. Kalau memang rambutmu harus disisir saat basah, gunakan sikat atau sisir bergigi jarang.

See also  Lindungi Rambut Sehatmu Saat Berenang

3. Rambut Jangan Sering-Sering Diikat Terlalu Erat

Rambut yang terlalu sering diikat dengan erat, otomatis menarik akar rambut. Kalau memang tidak mesti mengikat rambut terlalu erat, kamu bisa memilih gaya rambut kepang yang lebih lembut menarik akar rambutmu, atau menggunakan jepit rambut untuk mengangkat rambutmu dari pundak. Akan lebih baik lagi kalau rambutmu lebih sering diurai, terutama saat sedang tidur.

4. Tutupi Rambutmu Agar Tidak Terkena Sinar Matahari

Sinar matahari yang terlalu intens, tidak hanya berpengaruh buruk pada kulitmu, tetapi juga pada rambutmu. Sedapat mungkin tutupi rambutmu ketika beraktivitas di luar ruangan. Bisa pakai topi, scarf dan tentu saja hijab yang kamu pakai sudah pasti melindungi rambutmu dari pengaruh buruk sinar matahari.

5. Lakukan Perawatan Rambut Rutin Mencegah Rambut Rontok

Perawatan rambut rutin minimal dilakukan dua minggu sekali, seperti creambath, hair masker dan hair spa. Bisa kamu lakukan di salon langgananmu, atau lakukan sendiri di rumah.

Perawatan rambut rutin di rumah secara alami bisa dengan memanfaatkan kulit buah semangka. Kulit buah semangka yang berwarna putih bisa diparut hingga menjadi bubur. Lalu balurkan bubur kulit semangka itu pada kulit kepala, gosok dan pijat hingga rata. Diamkan selama 15 menit. Setelah itu bisa dikeramas dan dicuci hingga bersih.

Akar Rambut Yang Tidak Kuat Penyebab Rambut Rontok

Salah satu penyebab rambut rontok adalah akar rambut yang tidak kuat. Karena itu untuk mencegah kerontokan lebih lanjut, maka kita harus memperkuat akar rambut. Berikut adalah tips alami untuk mengatasi kerontokan rambut akibat akar rambut yang kurang kuat.

1. Daun Seledri

  1. Ambil 7-10 tangkai daun seledri segar, setelah dicuci bersih lalu tumbuk sampai halus.
  2. Keramaslah seperti biasa sampai tahap rambut dibilas bersih dengan air. Lalu gosokkan tumbukan daun seledri yang sudah halus tersebut pada kulit kepala dan rambut sampai merata. Lakukan gerakan memijat kulit kepala dengan lembut agar sari daun seledri tersebut bisa meresap ke dalam kulit kepala dan diserap oleh akar rambut.
  3. Setelah seledri dipijat rata ke seluruh kulit kepala, bungkuslah rambut dengan topi plastik atau shower cap dan biarkan selama satu jam
  4. Setelah satu jam, bilas rambut dengan air bersih.
  5. Untuk hasil yang optimal, lakukan prosedur ini rutin seminggu sekali
See also  Tips Menyisir Rambut Yang Benar dan Cara Membersihkan Sisir

2. Daun Teh

Daun teh mengandung Poyfenol yang bermanfaat untuk memperkuat perakaran rambut. Oleh karena itu kita bisa melakukan perawatan rutin untuk mencegah rambut rontok ini dengan menggunakan daun teh. Untuk hasil yang optimal, sebaiknya menggunakan daun teh yang masih segar dan belum diseduh (bukan ampas teh).

Caranya adalah sebagai berikut:
1. Masukkan 3 sendok makan daun teh ke dalam gelas, lalu tuangkan satu gelas air panas kira-kira 200 ml. Diamkan sampai air teh tersebut sudah hangatnya sudah suam-suam kuku. Setelah itu bisa disaring. Bila ingin menggunakan ampasnya juga bisa, tapi akan lebih repot saat membersihkan rambut dari ampas teh tersebut.

2. Basahi rambut terlebih dahulu dengan air hangat. Lalu air teh yang suam-suam kuku bisa disiramkan perlahan-lahan ke rambut secara merata, sambil memijat lembut kulit kepala.

3. Diamkan sekitar 15 menit agar Polyfenol bisa menyerap ke dalam kulit kepala. Lalu rambut bisa dibersihkan dengan sampo seperti biasa.

Pencegahan selalu lebih baik daripada pengobatan. Merawat rambut sejak dini akan membuat rambutmu senantiasa sehat dan lebat bahkan sampai nanti usia lanjut.


Lets Share:

Leave a Reply