Cara Hilangkan Jerawat Dengan Bahan Alami

Lets Share:

Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang cukup sering terjadi. Jerawat pada umumnya akan hilang sendiri dalam beberapa hari atau minggu. Umumnya jerawat timbul karena produksi minyak yang berlebihan, adanya sumbatan kelenjar minyak dan faktor bakteri atau kuman. Selain itu jerawat juga mungkin dapat terjadi karena faktor hormon pubertas, stress dan juga karena konsumsi Pil KB.

Meski bukan tergolong masalah kulit yang berat, namun keberadaan jerawat di wajah kita bisa terasa sangat mengganggu. Selain penampakan wajah jadi kurang maksimal, terkadang jerawat yang muncul juga menimbulkan rasa sakit saat disentuh sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman.

Hal ini menyebabkan kita berusaha mencari cara agar jerawat cepat kempes dan sembuh. Beberapa cara di bawah ini adalah cara alami yang umum dicoba, dan mungkin salah satu diantaranya ada yang cocok buat kamu yang sedang mencari cara alami untuk menghilangkan jerawat yang sekarang nangkring di wajah kamu.

Cara Alami Hilangkan Jerawat

1. Kayu Manis dan Madu

Kayu manis adalah bahan makanan yang sering ada di dapur kita. Selain memiliki aroma yang sedap, kayu manis juga memiliki manfaat kesehatan yang cukup banyak. Salah satunya manfaat kayu manis adalah untuk mengurangi penampakan bekas jerawat dan juga untuk meredakan jerawat yang sedang meradang.

BACA:  Tips Menghilangkan Bekas Jerawat di Wajah

Bahan yang dibutuhkan adalah bubuk kayu manis dan madu. Pastikan bubuk kayu manis yang digunakan adalah bubuk kayu manis asli tanpa campuran bahan lainnya. Campur bubuk kayu manis dan madu, kemudian aduk rata. Lalu oleskan di bagian muka yang berjerawat.

Sebaiknya aplikasikan ramuan ini pada malam hari dan diamkan semalaman agar khasiatnya lebih efektif bekerja. Pada pagi hari basuh wajah dengan air hangat. Lakukan hal ini secara teratur untuk mendapatkan khasiatnya.

2. Kunyit dan Madu

Selain perpaduan madu dan kayu manis, madu juga bisa dipadukan dengan kunyit untuk mengatasi masalah jerawat di muka dengan cara alami. Kandungan anti bakteri dan anti oksidan dari madu ditambah dengan kandungan anti radang dalam kunyit bisa membantu mempercepat proses penyembuhan jerawat yang sedang meradang.

Cara membuat campurannya adalah dengan perbandingan madu:kunyit = 2:1. Jadi untuk 1 sendok makan madu, dibutuhkan 1/2 sendok makan kunyit yang sudah diparut. Campurkan kedua bahan ini aduk rata dan oleskan ke bagian wajah yang berjerawat. Campuran bahan ini bisa menenangkan kulit wajah yang meradang karena jerawat dan dapat mencegah timbulnya jerawat di kemudian hari.

BACA:  Manfaat Jeruk Lemon Untuk Kecantikan

3. Daun Sirih

Siapkan beberapa lembar daun sirih, kemudian cuci sampai bersih. Rebus daun sirih tersebut dengan 3 gelas air, biarkan sampai air dalam panci tersisa sampai satu gelas. Angkat dan biarkan sampai dingin.

Gunakan air rebusan daun sirih tersebut untuk mencuci muka pada pagi dan sore hari. Lakukan secara rutin. Minyak atsiri dalam daun sirih mengandung anti jamur dan anti oksidasi yang dapat membantu mengurangi jerawat yang disebabkan karena peradangan oleh kuman atau bakteri.

Selain direbus seperti cara diatas, daun sirih juga dapat ditumbuk sampai halus. Siapkan 6 lembar daun sirih dan tumbuk sampai halus tanpa campuran air. Daun sirih yang sudah dihaluskan tersebut bisa diaplikasikan sebagai masker yang dilakukan rutin setiap hari. Biarkan masker daun sirih menempel di wajah 15-20 menit baru kemudian dicuci bersih dengan air hangat.

4. Lidah Buaya

Kalau kamu menanam tanaman lidah buaya di rumah, maka kamu bisa memanfaatkan gel pada lidah buaya ini untuk perawatan wajah dan rambut. Gel pada Lidah buaya memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk mengatasi jerawat yang sedang meradang di wajahmu. Gel lidah buaya mengandung banyak enzim, vitamin dan mineral, salah satunya asam salisilat yang bersifat anti inflamasi atau anti radang.

BACA:  Yuk Buat Scrub Kopi Untuk Kurangi Selulit Pada Kulit

Untuk mengurangi radang pada jerawatmu, kamu cukup mengambil satu batang lidah buaya yang segar yang cukup besar, lalu dikupas dan dikorek isinya yang berbentuk gel dengan sendok yang bersih. Lalu gel ini bisa langsung diaplikasikan ke bagian kulit berjerawat yang meradang. Diamkan selama 15 menit-30 menit, lalu bilas wajah dengan air hangat. Lakukan proses ini 1-2 kali sehari sampai jerawatmu tidak meradang lagi.

Demikian bahan alami yang bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi jerawat yang meradang. Ohya perhatikan juga bila dalam satu atau dua kali aplikasi kamu melihat jerawatmu tambah meradang atau ada rasa gatal yang tidak biasa, segera hentikan perawatan ini karena mungkin kulitmu alergi atau tidak tahan pada salah satu zat yang ada pada bahan-bahan ini. Segeralah konsultasi ke dokter kulit ya untuk mendapatkan petunjuk lebih lanjut.

Kayla Kayana

Lets Share:

Leave a Reply