Aneka Bentuk Menstrual Cup dan Kelebihannya Dibanding Pembalut Biasa

Lets Share:

Sebagai mantan pengguna pembalut wanita, tentu saya akan fasih menyebutkan keluhan-keluhan apa saja yang dialami ketika memakai pembalut wanita. Dan keluhan saya ini pasti juga dialami oleh teman-teman perempuan lainnya. Dan keluhan-keluhan inilah yang akan menjadi daftar kelebihan menstrual cup dibandingkan pembalut biasa.

Kelebihan Menstrual Cup dibanding Pembalut Wanita

Ok daftar keluhan saat mengenakan pembalut adalah sebagai berikut …

1. Iritasi pada pangkal paha

Ini adalah keluhan terbanyak dari para pengguna pembalut wanita. Iritasi pada pangkal paha ini terjadi akibat gesekan pembalut pada kulit. Apalagi pembalut yang ada sayapnya itu dua kali lebih parah menyebabkan iritasi. Tapi selama ini pembalut wanita yang bersayap terus dipakai, karena sayapnya itu bisa mengurangi potensi tembusnya cairan haid ke samping. Tapi in returns, yes kulit kamu pun akan teriritasi dengan suksesnya.

2. Rasa lembab, mengganjal dan bau yang terkadang tercium

Karena adanya rasa lembab yang tidak nyaman inilah maka para produsen pembalut wanita berlomba-lomba melakukan inovasi permukaan pembalut yang tidak terasa becek walau pembalut sudah penuh terisi. Tapi ya tetap saja terasa lembab, gaes … Dan somewhat somehow kok terkadang bau-bau yang mengundang vampir itu bisa tercium juga ya. Pantesan kita dilarang masuk ke Taman Nasional Komodo kalau sedang menstruasi ya. Jangankan komodo, kita aja juga masih bisa membaui darah kita sendiri kok …

3. Darah tembus ke pakaian dalam

Ini tentu saja sangat menyebalkan bila terjadi di momen kita sedang melakukan aktivitas. But wait, gak cuma momen beraktivitas, potensi kebocoran justru sangat kerap terjadi ketika kita sedang tidur! Itulah sebabnya ada terobosan baru Celana Dalam Menstruasi yang bentuknya seperti popok celana untuk dewasa (adult pants diaper). Kalau pakai celana menstruasi ini barulah dijamin darah haid tidak akan tembus ke seprei saat kita sedang tidur. Tapi harganya mahal untuk pemakaian tiap bulan dan sampah tak terurainya itu loh gaes, guedee bangeet…

BACA:  Beauty with Less Waste

4. Mesti beli bolak-balik tiap bulan

Ini boleh dianggap keluhan atau pun tidak. Tapi sebenarnya yang bikin kesel itu bukan masalah rutinitas membeli stok pembalutnya sih. Kesalnya itu ketika harus mengalami kehabisan stok pembalut sementara kita tidak bisa membeli di toko terdekat karena satu dan lain hal. Relate banget kan?

Nah, ketahuilah teman-teman skalian, ke-empat keluhan di atas itu akan langsung tereliminasi dengan penggunaan Menstrual Cup. Beneran.

Kalau begitu, yuk kita lihat apa saja bentuk menstrual cup yang saat ini sudah beredar di pasaran.

Aneka Bentuk Menstrual Cup Yang Beredar Di Pasaran

Menstrual Cup yang bagus itu harus terbuat dari silikon medis, karena benda ini akan masuk ke dalam area kewanitaan kita. So jangan mudah tergiur harga murah tapi kejelasan material si menstrual cupnya tidak dapat dipertanggung jawabkan.

Sekitar beberapa tahun yang lalu, ketika menstrual cup baru masuk ke Indonesia, hanya ada satu bentuk Menstrual Cup. Bentuknya seperti cup dan ada stem memanjang. Stem lurus memanjang ini agak-agak kurang jelas mengenai kegunaannya. Kebanyakan pengguna memilih memotong stem itu sampai habis, karena ketika dibiarkan ada, stem itu malah akan menusuk-nusuk pinggiran missV dan menimbulkan rasa yang kurang nyaman.

Dan sekarang sudah bermunculan variasi-variasi bentuk dari si Menstrual Cup. Mari kita lihat-lihat …

1. SecondSkin Emy Menstrual Cup

Menstrual Cup Second Skin

Beli Menstrual Cup SecondSkin di SecondSkin ID

Ini adalah bentuk standar dari Menstrual Cup. Perbedaan utamanya dari merek-merek yang berbeda biasanya ada pada bagian bawah cup. Menstrual Cup Second Skin ini menawarkan bentuk batang bawah pendek yang ujungnya berbentuk bulat sehingga tidak terasa tajam menusuk.

Paket pembelian Second Skin ini sudah dilengkapi case untuk mensterilkan Menstrual Cup dan sekaligus menyimpannya. Tersedia 3 ukuran yaitu S, M dan L.

2. Menstrual Cup Aisha V Care

Menstrual Cup Aisha V Care

Beli Menstrual Cup dengan Stem Ring di Aisha V Care

BACA:  Menstruasi Nyaman Dengan Minim Sampah

Menstrual Cup Aisha V Care ini memiliki ujung stem yang berbentuk cincin atau ring. Aisha V Care ini juga terbuat dari silikon medis dan paket penjualan hanya memberikan pouch kain saja sebagai tempat penyimpanan.

3. Menstrual Cup Crown Soul

Menstrual Cup Crown Soul for Earth

Beli Menstrual Cup Crown di Soul for Earth

Menstrual Cup Crown ini diperuntukkan untuk kalian yang memiliki serviks pendek. Well yeah sesungguhnya memeriksa panjang serviks kita sendiri sih jujurly memang agak-agak seram, mungkin lebih baik diperiksa dan ditanyakan ke bidan atau dokter SPOG saja. Tapi yah pokoknya ketika kamu sudah mengetahui kalau kamu memiliki serviks yang pendek, maka inilah pilihanmu untuk Menstrual Cup.

Menstrual Cup Crown ini memiliki dua ukuran M 20 ml dan L 24 ml. Stem lurus yang terlihat terlalu panjang itu boleh kok dipotong untuk kenyamananmu.

4. Filmore Girlfriend Menstrual Cup

Filmore GIrlfriend Menstrual Cup

Beli Filmore Girlfriend Menstrual Cup di Filmore Body Official Shop

Menstrual Cup Filmore ini memiliki bentuk seperti foldable mug, karena memang Menstrual Cup tipe ini bisa dilipat. Walaupun agak kurang jelas manfaat dari bisa dilipatnya si Menstrual Cup mengingat ukurannya sudah cukup kecil dan muat-muat saja di dalam tas mungil kita. Ada juga yang mengeluhkan Menstrual cup ini terlipat saat sudah ada di posisinya, sehingga daya tampungnya pun menjadi berkurang.

Tapi ada juga yang merasakan bahwa desain berundak dari Filmore ini membuat posisi menstrual cup lebih stabil dan tidak mudah bergeser turun ke bawah. Ukuran Filmore ini juga relatif lebih kecil daripada ukuran menstrual cup pada umumnya, sehingga mungkin akan lebih cocok untuk kalian yang belum pernah melahirkan per vaginam.

Desain inner-rimnya yang mengarah ke bagian dalam juga berbeda dengan menstrual cup pada umumnya dan diklaim membuat cup ini lebih nyaman dan aman. Filmore juga terbuat dari silikon medis yang terasa lebih lembut dan lebih lentur saat dilipat-lipat.

BACA:  Review Penggunaan Menstrual Cup - Kelebihan dan Kekurangannya

Filmore menawarkan dua ukuran yaitu ukuran mini 13 ml dan ukuran regular 23 ml. Paket pembelian sudah termasuk Travel Case yang imut.

5. Menstrual Cup The Curve

Menstrual Cup The Curve

Beli Menstrual Cup The Curve di DarleneANT Shop

The Curve ini terdiri dari 2 ukuran M 20 ml dan L 30 ml. Melihat bentuknya yang lebih melengkung dan daya tampungnya lebih besar, menstrual cup ini cocok untuk kalian yang haidnya super deras, misalnya teman-teman memakai kontrasepsi IUD. Ohya Menstrual Cup juga aman digunakan untuk pemakai IUD ya karena letaknya berjauhan.

6. Satisfyer Feel Good Menstrual Cup

Satisfyer Feel Good Menstrual Cup

Beli Menstrual Cup Satisfyer Feel Good di Coocoo Online Store

Menstrual Cup ini terdiri dari dua ukuran yaitu 15 ml dan 20 ml. Terbuat dari silikon grade medis dan memiliki 7 warna yang dapat dipilih. Dalam satu kemasan terdapat dua cup.

Nah pembaca sekalian, inilah 6 bentuk menstrual cup yang banyak beredar di online shop. Silakan dipilih dan dicoba sesuai kenyamanan masing-masing. Emmh memang gak ada cara yang paling efektif untuk mengetahui jenis yang mana yang paling nyaman buat kamu selain mencobanya langsung. Tapi tentu saja kamu bisa punya patokan tertentu, misalnya untuk memilih ukuran. Bagi yang sudah pernah melahirkan vaginal, maka ukuran L adalah ukuranmu. Untuk yang masih berusia di bawah 25 tahun, disarankan untuk mencoba yang ukuran S terlebih dahulu.

Dan jangan lupa baca juga petunjuk perawatan dan kekurangan dari menstrual cup ya. Karena sejatinya memang tidak akan ada kelebihan tanpa kekurangan.

Kayla Kayana

Lets Share:

Leave a Reply